Hi, Precious People

Haiii temen temen semuanyaa, salam kenal aku Roza Tasha Nabila biar akrab panggil aja roza yaa. Aku merupakan mahasiswi biologi dari universitas negeri medan yang saat ini memasuki semester 6 (udh masuk semester tua gaiss hihihi). Di tahun 2023 kemarin, kemendikbud membuka pendaftaran untuk salah satu program flagship nya yaitu MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) aku tertarik untuk mendaftar sembari mencari tempat magang untuk program magang dari kampus. Saya mencari banyak sekali informasi-informasi mengenai mitra yang bekerja sama dan se linear dengan jurusan saya (susah susah gampang sih) sampai akhirnya saya mendaftar di keempat posisi di SEAMEO Biotrop. Sebelum saya mendaftar lowongan, saya membaca dan memahami apa saja deskripsi kegiatan yang akan dilakukan selama program MSIB ini berlangsung, dari keemoat posisi pilihan pertama saya jatuh kepada bioteknologi tumbuhan, lalu, LSO, MBT, dan terakhir PPB.

Saya masih ingat email yang pertama kali masuk tanggal 30 Desember 2023, saat itu email yang saya terima memberitahukan bahwa saya lulus tahap seleksi berkas dan melaju ke tahap tes potensi akademik. Tak bisa saya sangka saya lolos tahap tes potensi akademik dan melaju ke tes kompetensi bidang, pada tes kompetensi bidang saya dinyatakan lulus di bidang yang saya minati yaitu LSO. Saya mempersiapkan diri untuk tes wawancara. Pada tes wawancara, saya mempersiapkan diri dengan baik sebisa mungkin saya ingin memperlihatkan kesan pertama yang baik kepada interviewer yang saat itu adalah mentor saya saat ini di LSO yaitu Ibu Risa Rosita, S.Si, M.Si. Pengumuman diberikan di hari itu juga setelah selesai wawancara, pukul 15.00 WIB saya melihat pengumuman saya di web MBKM dan dengan meminta izin dan restu orang tua saya mengambil kesempatan emas ini yang mungkin tidak datang 2 kali.

Materi dari SEAMEO Biotrop yang telah saya ikuti sangat menambah wawasan saya sebagai mahasiswi biologi. Saya belajar mengenai bagaimana struktur tanah bahkan klasifikasi tanah yang jarang diketahui banyak orang. Saya juga senang bekerja sama dengan teman teman saya di LSO yang sangat kooperatif dan kreatif. Tidak hanya tentang itu saja, di SEAMEO Biotrop saya juga belajar banyak hal tentang sosial media, blog, podcast, dan ilmu lainnya yang berkaitan dengan teknologi serta informasi era 4.0 ini. Saya tidak sabar untuk segera bertemu teman teman dan para mentor di SEAMEO Biotrop secara offline. See you soon.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *