BIOTEK’S DIARY WEEK 2 DAY 12, 13, & 14

BIOTEK’S DIARY WEEK 2 DAY 12, 13, & 14

Ciao, alya is here. Kawan-kawanku yang budiman, dikesempatan ini saya akan berbagi pengalaman magang mengenai topik Praktisi Bioteknologi Tumbuhan. Kira-kira apa saja yang kami lakukan dipekan 2 hari ke 12, 13, dan 14, check this out!

Hari ke-12 bertepatan dengan kegiatan On-Boarding MSIB Batch 6 SEAMEO BIOTROP. Kegiatan tersebut dihadiri oleh petinggi dan staff mitra serta mahasiswa MSIB yang diterima dari seluruh Indonesia. Sambutan-sambutan dan materi berjalan dan tersampaikan dengan sangat baik. Kami diajak berkeliling lingkungan mitra oleh mentor masing-masing yang sangat ramah sebagai bentuk pelaksanaan dari materi Pengenalan Lingkungan BIOTROP (Kunjungan dan AEET). Selain itu, kami juga mendapat materi mengenai Perpustakaan dan SLIMs yang dibahas tuntas oleh Ibu Worokanti Darmastuti dan Pak Haritz Cahaya Nugraha. Hal ini menjadi salah satu momen yang berkesan bagi saya dan tentu teman-teman seperjuangan karena kegiatan ini merupakan sesuatu yang begitu dinantikan bagi para mahasiswa MSIB yang lolos di SEAMEO BIOTROP.

Hari ke-13 kami mulai kuliah secara offline bersama Ibu Lillys Betty dengan 3 materi dasar yang harus dikuasai oleh kami yaitu fasilitas dan pengenalan peralatan kultur jaringan serta fungsinya, sanitasi ruangan laboratorium kultur jaringan, dan prosedur penggunaan dan pemeliharaan LAF. Kami diajak berkeliling laboratorium kultur jaringan dan diperkenalkan ruangan apa saja yang ada di laboratorium tersebut. Kami dijelaskan oleh Pak Rosadi selaku salah satu staff yang mengambil peran di laboratorium kultur jaringan. Lanjut, setelah istirahat kami kembali ke laboratorium untuk diperkenalkan peralatan dan bahan yang ada dan akan digunakan ketika kami mulai praktik. Materi yang diangkat yaitu sterilisasi peralatan gelas, alat diseksi, aquadest steril dan media kultur dan penanganan kontaminasi. Kami diperlihatkan bagaimana prinsip dan prosedur kerja dari peralatan yang ada. Kami juga diperlihatkan bagaimana cara untuk menangani eskplan yang mengalami kontaminasi. Ternyata, sangat banyak alat-alat canggih, bahan kimia, dan tumbuhan yang diperlukan dalam kultur jaringan. Ini sangat menyenangkan bagi saya karena sebelumnya saya hanya pernah melihat dan menggunakan alat sterilisasi secara sederhana saat di kampus.

Hari ke-14 kami mulai praktik di laboratorium kultur jaringan dengan materi media dasar kultur jaringan dan preparasinya, zat pengatur tumbuh pada kultur jaringan, pemilihan dan penyiapan sumber eksplan di lapangan serta sterilisasi eksplan, dan teknik mikropropagasi. Praktik ini dibimbing oleh Ibu Lillys Betty bersama para staff lab yaitu Pak Rosadi, Pak Yusuf, Pak Agus dan Pak Dwi. Kami diarahkan dengan telaten untuk mengerjakan tahap demi tahap sebagai prosedur dalam beraktivitas di laboratorium kultur jaringan. Mulai dari pembuatan media, pemilihan tumbuhan eksplan, sterilisasi media dengan alat, serta bagaimana cara pendataan di laboratorium.

Demikian kawan-kawan kegiatan kami topik Praktisi Bioteknologi Tumbuhan di pekan 2 hari 12, 13, dan 14. Bagaimana, menarik bukan? Kami sangat bersemangat untuk melanjutkan perjalanan MSIB di SEAMEO BIOTROP. Nantikan keseruan lainnya di blog saya yahh, sampai jumpa.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *