Pertemuan Awal yang Manis – Jurnal MBT #2.1

Tanggal 4 Maret 2024 tuh yang paling kita tunggu – tunggu! Akhirnya kita full teammm. Dan almet MBT tuh paling berwarna lohhh ada warna merah, kuning, hijau, biru, hahahaha udah kayak pelangi aja, dari awal sebelum kita on-boarding tuhh ngumpul dulu di basecamp kita, terus absen ke ruang HCID. Terus kita diarahin ke ruang matoa untuk on boardingnya. Tau ga sih, anak MBT datangnya paling awal!, trus duduk di barisan paling depan sejajar sama bu wiwied & bu icha HAHAHAAA. Kalo mau tau, coba liat di reels nya @seameobiotrop yaaa.

Di on boarding ini kita disampaikan terkait pengenalan Seameo Biotrop, tata tertib, dan pengenalan peserta magang satu persatu. Supaya nggak ngantuk, kita dikasih snack lohhhh, enak bgt sumpah risolnya. Abis itu kita lanjut pengenalan lingkungan biotrop (kunjungan dan AEET), jadi intinya kita keliling di wilayah biotrop. Kita ketemu ikan ikan gemes di lab aquatic, kita juga liat ikan budidaya sama tanaman aquaponic. Lanjutttttt kita ke tempat budidaya jamur trus kita nyicipin produk jamur crispy enakkk bangettt ada yang pedes sama original. Nyesel banget ga bawa kresek buat dibawa pulang wkwkwk. Ga hanya sampe situ, kita juga diajak ke tempat pembuatan minyak atsiri, disana wangi bgttttt. Selesai keliling, kita istirahat dulu buat sholat dan makan. Daannn kita dikasih makan gratis yeayyy!!!! (coba aja tiap hari hehee). Setelah perut kenyang, kita balik lagi ke ruang matoa soalnya masih ada materi terkait perpustakaan dan SLIMs oleh bu Worokanti. Pokoknya hari ini seneng banget karena kita bisa secara resmi menjadi bagian dari Seameo Biotrop.

Tanggal 5 Maret 2024 kita pagi – pagi langsung ke green house buat ngecek gulma / rumput kita dan disuruh mas Saiful buat foto satu per satu kayak biasa dengan latar putih. Setelah itu kita siram yaa.. biar ga layuuu.. nah di hari keempat setelah penyemprotan herbisida ini rumputnnya tuh udah mulai menguning tauu.

Setelah semuannya beres, kita lanjutin dengan kegiatan baru yaitu ngambil pupuk dan menyiapkan tray semai untuk menanam biji gulma dari wilayah Sumatra Utara, Kalimantan Timur, Bogor, dan Bangka Belitung, kalo semuanya udah tertanam tinggal kita siram deh.

Tanggal 6 Maret 2024 tuh kita langsung ada materi dikelas bersama mas Saiful tentang Analisis Vegetasi Gulma untuk mempelajari dan mengukur vegetasi secara kuantitatif. Kata mas Saiful sih kita mau “nganveg” di hutan buatan, apalagi di divisi MBT ini macem – macem jurusannya, jadi untuk beberapa orang ini termasuk hal baru yang mereka temukan dalam proses magang ini. Setelah selesai materi kita pesen mi ayam bareng – bareng loh sekelas hahahaha.. terus kita makan bareng di meja bundar yang gede banget, porsinya banyak banget tauuu, mana cuma 10 ribu, enak banget lagi!

Habis makan – makan sampe perut begah, kita lanjut melihat koleksi herbarium yang ada di ruangannya mas Saiful, banyak bangett, dan umur nya tuh juga bermacam – macam. ( tapi kita dikasih tugas masa 🙁 , habis ngeliat – liat herbarium kita muter – muter BIOTROP buat ngeliat guma yang tumbuh di genteng gendung, random banget si mas Saiful hahaha, dia juga orangnya terlalu baik sihh.

Sekian and trimsssss ya semuanya, sehat – sehat orang baik… bye!

#JurnalMBT #SobatMBT #SeameoBiotrop

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *