BIOTEK’S DIARY WEEK 4 DAY 23 & 24

BIOTEK’S DIARY WEEK 4 DAY 23 & 24

Kegiatan kami di hari ke 23 dan 24 (tanggal 21 dan 22 Maret 2024) masih di Laboratorium Bioteknologi dengan tema isolasi DNA, uji kualitatif DNA dan uji kuantitatif DNA.

Hari ke-23, kami mulai dengan isolasi DNA rumput laut dari spesies Kappaphycus alvarezii. Proses penggerusan agak sulit karena sampelnya berukuran kecil, namun kami bisa melakukannya dengan (lumayan) baik. Beneran baik kok.

Setelah melalui berbagai tahapan isolasi, akhirnya kami dapat 15 sampel DNA yang kemudian kami uji secara kualitatif dengan menggunakan Nanophotometer. Selain uji kualitatif, kami juga melakukan uji kuantitatif menggunakan Elektroforesis setelah sebelumnya membuat agarosa terlebih dahulu.

Kegiatan isolasi dan uji DNA sebenarnya sangat menyenangkan, hanya saja dibutuhkan kehati-hatian dan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan ataupun kontaminasi.

Hari ke-24, kami melakukan praktik PCR dari 18 sampel DNA Dipterocarpaceae dan 15 sampel DNA Kappaphycus alvarezii. Setelah PCR selesai, sampel DNA tersebut sekali lagi kami uji kualitatif dan kuantitatifnya untuk melihat hasil dari sampel yang telah di PCR.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *