LSO (Learn Something tOday) “Throwback week 1 at SEAMEO BIOTROP” Kuliah Lahan Sub Optimal

LSO (Learn Something tOday) “Throwback week 1 at SEAMEO BIOTROP” Kuliah Lahan Sub Optimal

POST 2

Arbuskul susah dicarinya

Tenang, ada Bu Risa Ahlinya

Selamat datang seluruh pembaca

Ini dia kegiatan kami di minggu pertamaa

Haiii readernim, selamat datang di blog LSO. Sebelum lanjut membahas minggu pertama kita selama magang, perkenalkan kami dari divisi Asisten Pengelolaan Lahan Sub-Optimal. Pada minggu pertama, kegiatan magang kami dilakukan secara hybrid. Sebagian anggota magang yang berdomisili di sekitar BIOTROP sudah secara resmi hadir langsung dan mengikuti kegiatan BIOTROP sedangkan anggota magang lain yang belum melakukan mobilisasi menjalani kegiatan magang secara online. Dengan bimbingan Bu Risa Rosita S.Si., M.si dan kak Alfi, kami menjalani perkuliahan mengenai Ordo Tanah serta karakteristiknya menurut USDA. Materi ini tentu sangat menarik kami yang berasal dari heterogenitas prodi untuk menambah pengetahuan kami yang nantinya akan bertugas sebagai asisten pengelola Lahan Sub- Optimal. Ordo tanah yang kami pelajari mengarah pada karakteristik masing-masing tanah yang secara umum dapat diketahui bahwa beberapa tanah memiliki kategori Sub-Optimal untuk pertumbuhan tanaman akibat adanya berbagai cekaman. Sebagai contoh, tanah oxisols yang memiliki sifat kurang subur akibat tingginya pencucian yang terjadi pada tanah tersebut sehingga bersifat masam, dan memiliki kemampuan tukar kation yang rendah.

Di hari berikutnya, kami juga belajar mengenai tanah dan penyusunnya. Fungsinya apa sih mempelajari hal tersebut? Jadi, pembelajaran mengenai tanah dan penyusunnya sangat menarik loh. Tujuan akhir dari pembelajaran mengenai tanah dan penyusunnya adalah untuk mengelola lahan yang belum sesuai atau dapat kita sebut sub-optimal. Pengelolaan Lahan Sub-Optimal (LSO) tersebut dilakukan dengan aplikasi teknologi untuk perbaikan sifat fisik, kimia, dan biologi tanah yang akan mengurangi kerugian olah guna lahan.

Tertarik kan, untuk mengikuti kegiatan LSO minggu-minggu selanjutnya yang tentunya banyak hal baru yang akan kami dalami dan ceritakan di sini? Tunggu kami hadir di LSO (Learn Something tOday) episode selanjutnya yaa…. Sampai bertemu di lain waktu sobat BIOTROP

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *