Katakan Peta, katakan pementaan (Dora 2024)- Jurnal MBT #3.1

Katakan Peta, katakan pementaan (Dora 2024)- Jurnal MBT #3.1

Haloo sobat MSIB Batch 6 di Seameo Biotrop

Tidak terasa pada magang di hari rabu tanggal 13 Maret merupakan hari pertama magang di bulan Ramadhan nih. Diawali dengan libur nyepi selama 2 hari (Senin dan Selasa) dan dilanjutkan dengan masuk kegiatan magang dihari selanjutnya yaitu Rabu. Mungkin kebanyakan peserta magang ini adalah hal pertama bagi kami menjalankan puasa di kota bogor.

Kegiatan kami setiap pagi adalah melakukan pengamatan terhadap gulma yang telah kami perlakukan di Green House sejak tanggal 1 Maret kemarin. Setiap pengamatan ini, kami selalu didampingi dan diarahkan Bersama pak saifull, pak ira, dan pak zapin.

Dokumentasi pengamatan gulma

Kegiatan pengamatan gulma ini kami lakukan ditengah waktu kosong sebelum masuknya materi baru yaitu pemetaan. Selain itu juga, karena biasanya di bogor semakin siang maka akan berkemungkinan besar hujan sehingga akses kami menuju Green House sedikit susah. Kegiatan diGreen House kami selesaikan pada pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan belajar di Ruang RSE mengenai materi Pemetaan dan Ekologi Sensor Bersama bapak Widodo. Karena pertemuan kami Bersama pak Widodo, seperti biasa setiap awal pertemuan diawali dengan perkenalan diri. Setelah perkenalan, Banyak hal yang diajarkan pak Widodo kepada kami mulai mengenalkan apa itu Manajemen Biodiversitas Tropis, Bagaimana metode konservasi, Teknologi pendukung pemetaan, teknik analisis visual data, dan potensi data dari Remote Sensing. Setelah itu, dilanjutkan dengan perkenalan aplikasi Avenza yang bisa didonwload di Smartphone kami.

Dokumentasi tampilan Avenza

Aplikasi Avenza ini kami gunakan untuk memetakan dan mengidentifikasi jenis pohon yang ada di lingkungan biotrop. Adapun aplikasi yang biasa kami gunakan untuk membantu identifikasi adalah googlelens dan Inaturalist. Pada aplikasi Avenza format yang kami perlukan adalah foto pohon, nama latin, deskripsi, titik koordinat, dan nama umum. Karena waktu yang terbatas dan banyaknya jenis pohon serta luasnya Kawasan biotrop, kegiatan ini tidak bisa dilakukan dalam waktu sehari. Kegiatan ini selesai dalam waktu 3 hari dan dibagi menjadi 2 kelompok untuk penyebaran.

Dokumentasi Aplikasi Penggunaan Avenza App

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *