Pengendali Hama dan Lebah – Jurnal MBT #4.1

Pengendali Hama dan Lebah – Jurnal MBT #4.1

Kegiatan bocah MBT pada minggu ke-4 di tanggal 21 Maret 2023 adalah pengamatan hama gudang di lab entomologi bersama Ibu Wiwied. Di lab entomologi kami mengidentifikasi berbagai macam hama gudang menggunakan mikroskop dan didapatkan beberapa jenis hama seperti Tribolium castaneum, Rhyzoperta dominica, Sitophilus oryzae, dan masih banyak lagi.

Foto hama gudang tangannya lagi ngebentuk peace

Setelah kami melakukan pengamatan hama gudang di lab entomologi, kami menuju stingless bee garden untuk menangkap lebah dan panen madu stingless bee. Penangkapan lebah dan panen madu dilakukan dengan menggunakan penutup kepala supaya menghindari tersengat lebah. Lebah yang udah ditangkap dimasukin ke botol berisi alkohol yang nantinya bakal diidentifikasi jenis lebahnya. Saat panen madu dari stingless bee beberapa dari kami ada yang digigit lebahnya, kalo kata anak-anak gigitan lebahnya kayak semut tapi semutnya seribuu :D.

Foto fikran lagi nangkep lebah

Setelah kami menangkap lebah dan panen madu, kami kembali ke lab entomologi untuk mengidentifikasi lebah yang telah kami tangkap. Sepertinya begitu saja kegiatan bocah MBT pada hari itu, sekian dan tunggu jurnal kami di seri lainnya yuhuu.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *