BIOTEK’S DIARY WEEK 6 DAY 29 & 30

BIOTEK’S DIARY WEEK 6 DAY 29 & 30

Yuhuuu✨, bubuhan Biotek disini tetap menyala abangku 🔥 gak kerasa sudah pekan ke-6 aja nihh.

Tentu banyak ilmu baru dan pengalaman yang telah kami dapat, kalo gak dapat RUGI DONGGG.

Khususnya pada hari ke 29 dan 30 ini, kami melakukan praktikum mengenai “Isolasi DNA pada Spesies Tanaman Asing Invasif (IAPS)”

Kegiatan diawali dengan melakukan pengambilan dan pemilihan sampel Spesies Tanaman Asing Invasif (IAPS) sebanyak 15 spesies di ruang Herbarium yang dibimbing langsung oleh Pak Saiful. Dari 15 spesies yang dipilih terdiri dari beberapa famili, yaitu Asteraceae, Poaceae, Acanthaceae, Sphenocleaceae, Passifloraceae, Malvaceae, dan Fabaceae. Isolasi dna akan dilakukan selama 2 hari, pada hari pertama, akan mengisolasi dna pada sampel species 1-7 terlebih dahulu karena prosedur yang akan dilakukan akan kompleks dan memerlukan waktu yang cukup lama sehingga isolasi dna pada sampel species 8-15 akan dilanjutkan pada hari ke-30 dan dimonitori oleh pak Dr. Rhomi Ardiansyah.

Setelah alat dan bahan telah siap, kami segera melakukan preparasi, penghancuran sel, penghilangan protein dan RNA (ekstraksi), pemurnian (purnifikasi) DNA, dan pengendapan (presipitasi). Kemudian dilanjutkan dengan pengujian konsentrasi dan kemurnian DNA menggunakan nanophotometer, elektroforesis, PCR, dan pengambilan dokumentasi pola pita DNA yang terbentuk dari hasil isolasi DNA.

Sekian kegiatan dari divisi Biotek, sampai ketemu dicerita selanjutnyaa ❤️🔥

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *