LSO (Learn Something tOday) “Throw back week 7 at SEAMEO BIOTROP” Perhitungan Colony Forming Unit (CFUs) dari koloni BPF (Bakteri Pelarut Fosfat)

Selamat pagi, siang, sore, dan malam sobat bio!!! Pada tanggal 3-4 April 2024 sub bidang magang LSO MSIB Batch 6 melakukan uji coba isolasi bakteri pelarut fosfat (BPF) yang diduga terkandung dalam BIOPOS (Biotrop Kompos). Isolasi yang telah dilakukan sebelumnya memberikan hasil pertumbuhan koloni BPF yang beragam. Dari 8 pengulangan yang dapat *diterima *(baca: ga direject bu icha), keseluruhan menghasilkan nilai CFU sebesar 1×10^6. Itu artinya ada sekitar 1 juta koloni BPF yang berhasil tumbuh. Sebagai tambahan, bakteri pelarut fosfat ini bertugas sebagai agen pelarut P anorganik sehingga unsur P yang terkandung dalam BIOPOS menjadi kaya.

Sebagai penutup, ini merupakan kegiatan terakhir kami di bulan April. Terimakasih untuk para pembaca setia serial blog LSO yang sudah rela mengunjungi bahkan mengikuti throwback week by week kami. Sampai jumpa di blog berikutnya. ADIOS

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *