Aroma kebahagiaan: Dunia minyak atsiri – Jurnal MBT #6.1

Back to dunia minyak atsiri

Agenda MBT kali ini tepatnya pada hari Senin tanggal 1 April 2024 yaitu upaya meningkatkan kualitas minyak atsiri dan perawatan tumbuhan penghasil  minyak atsiri. Sebelum praktikum, kita diberikan materi terlebih dahulu oleh bapak Supriyanto mulai dari materi persoalan minyak atsiri di Indonesia : Market Gaps (kesenjangan pasar) dan Technological Gaps (Kesenjangan Teknologi), materi keragaman jenis sumber daya minyak atsiri sampai dengan materi kebijakan minyak atsiri. Dari materi yang telah disampaikan beliau, kita dapat memahami bahwa proses membuat minyak atsiri dan menjadikan beberapa produk turunan seperti sabun dan parfum tidaklah mudah, diperlukan ketelitian dan pengetahuan mulai dari penanaman tumbuhan penghasil minyak atsiri, perawatan tumbuhan, teknologi penyulingan, teknologi formulasi dan beberapa teknologi pengembangan menjadi produk turunan.

Setelah penyampaian materi akhirnya kita diajak untuk praktikum peningkatan kualitas minyak atsiri melalui filtrasi menggunakan kain monel. Kain monel tersebut berfungsi untuk menahan partikel-partikel kasar dan menghasilkan minyak atsiri yang lebih murni dan bersih. Kain monel yang digunakan adalah kain monel dengan model T500 yang artinya setiap inchi berisi 500 benang.

Disela menunggu filtrasi minyak atsiri, kita juga diberi beberapa testi parfum minyak atsiri seharga 3 juta, baunyaa tuh harum, soft dan dikemas dengan elegan serta memberikan kesan mewah. Selain itu, kita juga diberikan pemahaman tentang macam-macam destilasi dan alat yang digunakan.

Setelah merasakan parfum seharga 3 jutaa kita beralih ke lapang untuk perawatan tumbuhan serai wangi setelah pemanenan 8 hari yang lalu. Kita bersihkan daun yang kering dengan hati-hati agar tidak melukai tangan.

Gambar diatas merupakan foto daun serai wangi yang belum dibersihin jadi banyak banget daun yang udah tua

Dan ini foto setelah tanaman daun serai wangi dibersihkan,tumbuhan serai wangi terlihat bersih dan rapi. Setelah dibersihkan, dilakukan pengukuran 3 batang serai wangi kemudian di hitung rata-rata untuk mengetahui berapa lama lagi waktu panen yang efektif. Point yang dapat dipetik dari kegiatan ini adalah diperlukan ketelitian dari proses dasarnya yaitu perawatan serai wangi sebelum jadi minyak atsiri

Lanjuut setelah itu kita praktikum cara menanam tumbuhan serai wangi jadi salah satu tanaman serai wangi yang udah dibersihin diambil dengan cara dicangkul tapi hati-hati ya gaiss jangan sampai kena akarnya kemudian diambil satu satu untuk ditanam di lahan yang baru. FYI menanam tumbuhan serai wangi pun ga asal asalan karena ada pertimbangan jarak antar tanaman dan perkiraan seberapa dalam tanah sebelum dimasukkan tumbuhan serai wangi tersebut agar seragam.

Setelah itu kita cuci tangan dan persiapan pulang karena sudah waktunya untuk pulang

Ingat yaa dunia ini memang kaya dengan tumbuhan minyak atsiri yang menghasilkan aroma wangi, tetapi hanya kita yang bisa menciptakan wangi kisah hidup kita sendiri

Sampai jumpa di blog selanjutnya;)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *