PPB Beraksi – PBB Journey Week 2

Perjalanan PPB di MSIB Batch 6 SEAMEO BIOTROP baru saja memasuki minggu ke-2, namun ternyata PPB sudah tidak sabar untuk beraksi. Ayo ikuti keseruan Kami di minggu ke-2 ini!

Setelah 1 minggu penuh melakukan studi literatur mengenai tambulampot dan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dengan metode cangkok. Pada tanggal 28 Februari Kami mulai menyiapkan media tanam untuk tambulampot tanamanlemontea. Media tanam tambulampot terbuat dari tanah, arang sekam, kompos, dan cocopeat dengan kombinasi 1:1:1:1.

Media tanam yang sudah tercampur rata kemudian dimasukkan ke planter bag sampai memenuhi 70% planter bag. Lalu hasil cangkokan yang sudah Kami panen sehari sebelumnya akan ditanamkan ke dalam planter bag, dan setelah itu disiram.

Selepas istirahat Kami kembali ke greenhouse untuk membuat media tanam cangkok. Media tanam yang digunakan pada percobaan kali ini terbuat dari campuran kompos dan cocopeat. Campuran media tanam tersebut dimasukkan ke plastik berukuran seperempat kilogram.

Keesokan harinya tanggal 29 Februari Kami melakukan praktek mencangkok lemontea di kebun BIOTROP. Pertama, Kami menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan seperti gunting, cutter, tali rapia, media tanam, root up, dan air. Kemudian Kami membuat larutan ZPT dengan mencampurkan root up dan air.

Setelah tata cara mencangkok dijelaskan, Kami bergiliran untuk mencangkok tanaman lemontea. Proses mencangkok dimulai dari memilih batang yang akan dicangkok kemudian batang tersebut disayat sampai bagian kulit terkelupas. Lalu sayatan pada batang tersebut diolesi dengan larutan ZPT, setelah itu media tanam ditempelkan ke batang. Terakhir media tanam diikat dengan tali rapia.

Usai sudah aksi mencangkok Kami di minggu ke-2 ini, Kami akan kembali 3 bulan lagi untuk menceritakan hasil percobaan cangkok lemontea. Terimakasih sudah mampir kesini kawan!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *