Rancang Pabrik Minyak Atsiri? Paramex Obatnya – Jurnal MBT #13.1

Haii teman, kali ini tim MBT belajar merancang pabrik penyulingan minyak atsiri niih!

Senin di tanggal 20 Mei, kami memulai perkuliahan dengan Bapak Supriyanto sang ahli minyak atsiri dengan judul “Merancang Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri: Rancangan Penanaman Rancangan Produksi, Rancangan Pabrik, Rancangan Gudang”. Nahh ini nih, awal permulaannya.

Disini kami diajari bagaimana membuat rancangan pabrik penyulingan minyak atsiri dengan segala perhitungannya yang sangat sangat sangat. Setiap orang ditugaskan untuk memilih dan merancang pabrik penyulingan dari satu tumbuhan minyak atsiri. Disini kami harus menetukan tumbuhan minyak atsiri yang digunakan, bagian tumbuhannya, umur panen, nilai rendemennya, jumlah pesanan (kg/bulan), kebutuhan bahan (ton/bulan), kapasitas alat yang digunakan (kg/hari), dan luasan lahan yang dibutuhkan (Ha). Inii dia rancangan awal yang telah kami bentuk dari hasil diskusi dengan Bapak Supriyanto.

Sehabis memanaskan pikiran dengan perhitungan rancangan pasar di atas, siang harinya tim MBT melanjutkan kegiatan di Lab Natural Produk di pandu Pak Iman untuk membuat produk turunan minyak atsiri berupa sabun cuci piring!!. Tim MBT membuat sabun cuci piring menggunakan minyak atsiri serai wangi hasil penyulingan sendiri nih.

Ini dia salah satu hasil produk turunanan minyak atsiri serai wangi berupa sabun cuci piring produksi MBT.

Setelah membuat produk hasil turunan minyak atsiri berupa sabun cuci piring, tim MBT juga melakukan uji mutu produk tersebut dengan mengukur pH, aroma, busa yang dihasilkan dan tingkat iritasi. Selanjutnya tim MBT mencetak desain stiker sementara untuk ditempelkan pada produk kelompoknya masing-masing. Sekiaan untuk kegiatan kali inii,,,

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *