Bercerita Awal Kajian Ekstraksi Propolis – Jurnal MBT #12.2

Halooo kali ini aku mau menulis proses awal kajian Ekstraksi Propolis yang sebelumnya pada tanggal 8 Mei 2024 telah ditugaskan oleh Bu Wiwied ke 5 orang mahasiswa magang MBT. Nah, seminggu setelah meeting tanggal 8 Mei itu kami mulai mengerjakan.

Oke jadi, terlebih dahulu kami melakukan studi literatur untuk mencari teknik ekstraksi yang bisa dilakukan dengan alat dan bahan yang tersedia di biotrop. Selain itu, kami juga melakukan diskusi dengan mentor terkait metode. Akhirnya, terpilihlah satu metode yaitu menggunakan maserasi dengan alkohol dan air.

Selanjutnya kami mencari tahapan-tahapan ekstraksi propolis dengan metode maserasi. Proses ini cukup memakan waktu karena kami sempat kebingungan dengan berbagai tahapan yang berbeda dan kami tidak menemukan standarisasinya. Dari sekian banyak perbedaan dalam tahapan kami memilih mengkombinasikannya berdasarkan hasil diskusi dengan pak Saiful.

Setelah menetapkan tahapan metode maserasi, kami membuat rancangan percobaannya dan bagan alir step by step nya. Selanjutnya kami mengecek alat dan bahan yang diperlukan berdasarkan metode yang kami buat.

Begitulah, ini baru permulaan gaisss. Selanjutnya kami bertempur dengan propolis yang super keras hadeuhh. Segitu dulu yaaa…

Semangat Timmmm

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *