Akankah ini Akan Berakhir??? Edisi Spesial Terakhir – Jurnal MBT #15.2

Akankah ini Akan Berakhir??? Edisi Spesial Terakhir – Jurnal MBT #15.2

Sontak pertanyaan tersebut muncul dari kepala kami tatkala mengingat waktu magang akan berakhir beberapa hari lagi. Ditandai dengan Student Showcase yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2024, yang akan menjadi momen puncak dari kegiatan magang di SEAMEO BIOTROP. Semua hal yang sudah kami lakukan selama magang akan ditampilkan pada saat kegiatan tersebut. Jadi kami perlu mempersiapkan apapun yang diperlukan untuk memberikan penampilan terbaik pada saat Student Showcase tiba.

Namun, sebelum kita melewati fase tersebut, ayok kita flashback apa aja sih yang telah kami lakukan selama magang dibidang Manajemen Biodiveristas Tropis (MBT). Ada 5 topik magang MBT, yaituu :

1.IPM (Integrated Pest Management), kegiatan ini berhubungan dengan mengendalikan segala macam perhamaan, seruu abizz nihh. Kegiatan ini didampingi oleh ibunda peri yakni siapalagi kalau bukan ibu Wiwied yang tercinta. Kami melakukan identifikasi serangga yang menjadi hama gudang. Lalu hama tersebut dikendalikan dengan teknik fumigasi.

Tidak hanya hama, kami juga mempelajari berbagai serangga yang terdapat disekitar kita, ternyata banyak yang bermanfaat looh salah satunya ialah Stingless Bee atau lebah madu tanpa sengat. Kemudian kami diajarkan indentifikasi dan cara pengawetannya.

Nah selanjutnya kami melakukan pemanenan stingles bee dan hasil pemanenannya boleh kami cobain tuhh, asam-asam maniss gituu, enakk dan berkhasiat pokoknyaa.

2. Pergulmaan alias Pengendalian Gulma Agroekosistem. Nah kegiatan ini asikk bangett hingga menimbulkan odgg (orang dalam gangguan gulma) wkwkw bercanda. Intinya tuh kegiatan ini asik untuk langsung terjun ke lapangan untuk mengidentifikasi gulma dan IAS (Invasive Allien Species), studi resistensi gulma terhadap herbisida, analisis vegetasi hingga mempelajari teknik herbarium juga lohh. Kegiatan ini didampingi oleh Pak saiful dan sebelumnya kami diberi pembekalan oleh para ahli dibidang gulma, yakni Bapak Soekisman dan Ibu Sri.

Meskipun gulma maupun IAS sanagt mengganggu tanaman budidaya, akan tetapi tumbuhan ini memiliki peran tersendiri di ekosistem. Ayokk kita sama-sama menjaga dan mengelola longkungan sekitar kita.

3. Manajemen Resiko Biodiversitas Tropis. Kegiatan ini sangat perlu untuk kita semua untuk mengetahui kondisi biodiversitas sekitar kita. Namanya aja resiko, sudah tentu kita harus mewaspadai kemungkinan terburuk yang akan mengancam biodiversitas tersebut. Hal- hal yang kami lakukan ialah dengan melakukan pemetaan biodiversitass, eksplorasi dan inventarisasi summberdaya biodoversitas di BIOTROP berbasis spasial.

4. Teknologi Produksi Minyak Atsiri. Wah kegiatan ini kerenn dan wangi tentunya. Didampingi oleh Pak Supriyanto beliau mengajarkan kami untuk mengenalkan tumbuhan yang berpotensi dalam menghasilkan minyak esensial, budidaya, kemudian melakukan teknik ekstraksi dan distilasi minyak atsiri, membuat produk turunan minyak atsiri hingga kami diajarkan dalam mendesain pasar minyak atsiri.

5. Teknologi Produksi dan Diseminasi Informasi, Kegiatan ini ialah mendokumentasikan segala hal terkait biodiversitas, kami diajakarkan teknik fotografi, membuat blog seperti ini hehe, membuat konten video pembelajaran, artikel populer hingga wikipedia dan wikibiotrop. Seringkali pendampingan kegiatan ini dilakukan dengan cara workshop untuk semua perserta msib yang ada dibiotrop tidak hanya dari posisi MBT dan lebih serunya lagi mendapatkan makan siang gratis hehe.

Mungkin hanya sekian yang dapat diuatarakan didalam blog ini, sebenarnya masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan, akan tetapi tidak bisa diutarakan karna serunya terlalu keselatan alias banyak bangett. Teman-teman bisa melihatnya di blog-blog MBT sebelumnya yaa, Liatt yaa dari awal, wajibbb wkwkw. Berhubung ini blog yang terakhir yang berisisi sekilas kegiatan apa saja yang dilakukan oleh anak magang MBT selama lebih kurang 5 bulan. Sehat-sehat selalu dimanapun teman-teman berada.

Terakhir apakah ini akan berakhir??? Jawabannya pasti iyaa akan berakhir ya teman-teman. Akan tetapi kenangannya tidak akan pernah berakhir.

Terimakasih kepada teman-teman dan seluruh pihak yang terkait hingga saat ini kita berhasil melewati ini semua, semoga setelah ini kita dapat memberikan pengaruh yang baik bagi lingkungan sekitar kita masing-masing. Mohon maaf lahir dan bathin jikalau terdapat kesalahan yang dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja…

Sampai jumpa dilain waktu….

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *