Kesibukan Tanpa Henti: Cerita dari Sebuah Minggu yang Penuh Aktivitas- Jurnal MBT #15.1

Anyong aseo imida (anggap aja tulisanya benar karna yang nulis bukan orang korea wkwk)

On the point ajaa, jadi di tanggal 3 Juni 2024 MBT dari awal hingga sampai akhir disetiap hari senin belajar mengenai topik minyak atsiri bersama bapak supriyadi. Belajar sama beliau tidak serasa kuliah sama sekali, karena kami belajar tidak hanya mengenai minyak atisiri tetapi kami juga belajar tentang penggalama beliau seputar minyak atsiri, contoh produk yang langsung kami rasakan, dan terkadang beliau bercerita tentang pengalaman yang berharga beliau. Sebelumnya kami juga belajar bagaimana cara membuat pabrik dan bagaimana output serta input yang sejalan. Pembagunan pabrik ini kami pelajari dari hal yang mendasar dulu seperti bagaimana perhitungan, efisiensi mesin yang digunakan, dan bagaimana mengatur karyawan serta keuangan agar meminimalisir kegagalan. Pada hari ini kami belajar mengenai Aromaterapi dari minyak atsiri serta manfaat nya yang sangat dekat dengan kita. Manfaat minyak atsiri sebagai aromaterapi tidak hanya semata untuk mengharumkan dan memberi aroma akan tetapi juga bisa dijadikan sebagai terapi maupun obat kesehatan.

Setelah selesai belajar dikelas kegiatan yang kami lakukan yaitu praktek mengenai cara kerja dalam menghasilkan aromaterapi. Kegiatan ini seperti biasa dilakukan di natural produk Bersama bapak iman. Tidak hanya proses pembuatan yang kami pelajari namun juga penilaian dari hasil proses kerja kami. Adapun hal yang dinilai seputar kesegaran, tahan lama, dan tingkat kesukaan kami terhadap aroma yang dihasilkan.

Pada tanggal 4 dan 5 Juni 2024, dipagi hari kami diskusi bersama dikelas mengenai persiapan student showcase dan pembagian tugas agar dengan waktu yang sudah semakin dekat kami dapat menyelesaikan target yang ingin kami capai dan dipagi menjelang siang kami diskusi Bersama dengan mentor pak syaiful mengenai kegiatan yang sudah dicapai, kendala yang dihadapi dan tugas yang akna dikerjakan. Selanjutnya, MBT melanjutkan tugas mengenai propolis dan tugas mandiri berupa modul yang deadline nya semakin dekat. Selain itu kami selinggi dengan membantu pak ira dan pak zabin dalam membersihkan herbarium yang akan direnovasi. Kegiatan propolis dilakukan diherbarium dan tugas mandiri penyusunan modul dilakukan didalam kelas. Beberapa kegiatan yang tidak hanya terdiri dari 1 kegiatan kami bagi menjadi beberapa kelompok yang sudah ditetapkan diawal.

Pada tanggal 6 juni 2024 dihari kamis, kami melakukan tugas yang sudah direncanakan dihari sebelumnya dan sudah disepakati Bersama. Kegiatan di pagi hari kami mengambil bahan untuk video pembelajaraan yaitu penutupan akhir video oleh bapak direktur Seameo Biotrop yaitu bapak Dr Zulhamsyah Imran diruangan podcast Seameo biotroph. Tentu hal ini merupakan hal yang harus kami persiapkan dengan matang. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan satu kali take video.

Setelah kegiatan itu, seperti biasa kami makan bersama di dalam kelas dan shalat zuhur. Selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan praktek mengenai penerbangan kamera drone Bersama teman-teman kami yang sudah berpengalaman di divisi PBB. Kegiatan ini kami mulai sekitar pukul 2 siang di taman sensory garden. Semua dari kami mencoba, mempelajari, dan mempraktekan bagaiaman teknik dalam penerbangan drone. Kegiatan ini berjalan dengan sangat lancar dan seru serta kami mendapatkan ilmu yang berhaga dan baru.

Keesokan harinya pada tanggal 7 juni 2024 dihari jumat kami melanjutkan kegiatan yaitu mengambil take video sebagai salah satu bahan dalam video pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan di herbarium karena pada video ini mengenai teknik penggoleksian sampel tanaman. Dimana sampel tanaman yang telah kami koleksi digunung gede kami lakukan pengoleksian dan pengawetan diherbarium dan dijadikan video pembelajaran. Kegiatan ini diawali dengan arahan pak ira dan pak syaiful mengenai teknik nya. Pada siang hari kami mendapatkan makan siang gratis nan berkah dari pak syaiful. Setelah makan dan shalat, kami melanjutkan untuk take video diherbarium hingga sore menjelang maghrib.

Demikian lah minggu ke 15 kami dari MBT. Sekian terimagaji (alias BBH) 🙂

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *