BIOTEK’S DIARY WEEK 14

Memasuki minggu ke-14 semakin mendekati akhir dari magang bersertifikat di SEAMEO BIOTROP. Selain disibukkan dengan laporan, anggota Praktisi Bioteknologi Tumbuhan disibukkan dengan persiapan untuk Student Showcase. Salah satu yang dipersiapkan adalah Video Pembelajaran tentang DNA Barcoding Tumbuhan.

Pada tanggal 6 dan 7 Juni, tim produksi Praktisi Bioteknologi Tumbuhan mulai mengambil footage untuk video pembelajaran. Pada hari pertama tim produksi mengambil footage di lingkungan sekitar SEAMEO BIOTROP. Hari kedua, tim produksi mengambil footage utama di Laboratorium Bioteknologi. Footage yang diambil di Laboratoium Bioteknologi adalah tahapan-tahapan yang dilakukan pada proses DNA Barcoding Tumbuhan diantaranya isolasi DNA, amplifikasi DNA dan cek kualitas DNA dengan elektroforesis.

Produksi video pembelajaran menjadi pengalaman pertama bagi anggota Praktisi Bioteknologi Tumbuhan. Produksi video pembelajaran adalah proses yang panjang mulai dari pra-produksi, produksi, dan post-produksi. Banyak tantangan yang dihadapi saat tahap produksi video pembelajaran. Meskipun semua sudah direncanakan saat pra-produksi, tetapi pada saat produksi tetap ada perubahan-perubahan yang dilakukan yang membuat tahap produksi memiliki tantangan tersendiri.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *