Dua Tiga Rama-Rama, Jom Kita Foto Gulmaaa…, -Jurnal MBT #6.2

Holaa minaaasaan…..

Ga kerasa udah lebih sebulan kita magang di SEAMEO BIOTROP……….

Nah pada minggu ke-6 ini para barudak MBT melakukan salah satu kegiatan yaitu mengidentifikasi gulma dengan memperhatikan bentuk gulma secara morfologi luar. Seperti yang diketahui gulma merupakan tanaman yang keberadaannya tidak diinginkan, dapat mengganggu ekosistem karena bersifat invasif, dapat menjadi inang alternatif bagi hama dan penyakit serta dapat menurunkan hasil produksi tanaman budidaya.

Gulma terbagi menjadi 4 kelompok yaitu gulma berdaun lebar, gulma rerumputan, gulma teki-tekian dan gulma pakis-pakisan. Selain itu, berdasarkan siklus hidupnya gulma terbagi menjadi 4 macam yaitu gulma semusim (Annual Weeds), gulma dua musim (Biannual Weeds) dan gulma tahunan (perennial weeds).

4 Jenis kelompok gulma

kegiatan identifikasi gulma ini dilakukan secara mandiri dengan masing-masing mengidentifikasi minimal 10 jenis gulma dan masing-masing jenis atau spesiesnya harus berbeda antar satu sama lainnya. Dalam kegiatan pengambilan gambar gulma, kami para Barudak MBT menggunakan kamera DSLR untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Setelah didapatkannya foto yang jelas mengenai morfologi luar gulma, maka dilakukan pengamatan dan pengidentifikasian dengan menggunakan APK Plantix, Google Lens, dan buku panduan mengenai jenis-jenis gulma.

Proses Pengambilan Dokumentasi Gulma

Okeyy guys, Sekian kegiatan untuk minggu. BTW, kita juga ada hal yang luar biasa di minggu ini, yaituuuuu………………..

Barudak MBT dapat THR dari Buk Wiwied<3

okeyy minnaaa…………….., sekian kegiatan minggu ini

BARUDAK MBT…………. Senggol dong (>.<)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *